Sejarah Komputer

Berdasarkan perkembangan teknologi komputer, maka perkembangan komputer dapat kita bagi menjadi 2 bagian yaitu :

    • Sebelum tahun 1940.
    • Setelah tahun 1940.

1.Sebelum Tahun 1940

Komputer adalah alat pengolah data yang sekarang banyak digunakan di hampir setiap aspek kehidupan. Awalnya komputer timbul hanya karena manusia ingin suatu alat yang dapat melakukan suatu penjumlahan atau pengurangan.

Alat pengolah datau atau yang sekarang kita sebut komputer, jika dilihat dari jaman pra sejarah sampai sekarang terbagi menjadi 4 golongan yaitu :

  1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan factor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
  2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual
  3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik
  4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh.

Beberapa peralatan yang telah digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya komputer :

1.Abacus

abacus

Alat hitung tradisional dan kalkulator mekanik Abacus muncul sekitar 5000 tahun yang lalu. Alat yang dianggap sebagai awal mula mesin komputasi ini melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Abacus pasa masa itu digunakan oleh para pedagang untuk menghitung transaksi perdagangan, namun abacus mulai ditinggalkan karena muncul pensil dan kertas.

2. Kalkulator Roda Numerik (Numerical Wheel Calculator) / PASCALINE

pascaline

Sekitar 12 abad kemudian, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, seorang pemuda berumur 18 tahun bernama BLAISE PASCAL (1623-1662) menemukan kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) yang bernama PASCALINE. PASCALINE berbentuk kotak persegi berwarna kuning dan memiliki delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Namun alat ini masih memiliki kelemahan yaitu hanya bisa melakukan penjumlahan.

3.Kalkulator Roda Numerik pada tahun 1694

1694

Seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.

4. Kalkulator Mekanik Charles Xavier Thomas de Colmar

download

Menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.

5.Mesin Differensial

mesin differensial

Awal mula komputer sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematik Inggris, CHARLESS BABBAGE (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin mekanik yang sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulang kali tanpa kesalahan. Tahun 1822 Babbage mengusulkan mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensial yang bernama Mesin Differensial yang menggunakan tenaga uap dan dapat menyimpan program, juga dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Sepuluh Tahun kemudian Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine.

6. Analytical Engine

analytical engine

Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki perang penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merivisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Analytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.

7.Kartu Perforasi

kartu perforasi

Tahun 1889, HERMAN HOLLERITH (1860-1929) menemukan cara cepat melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Kartu tersebut dapat menyimpan hingga 80 variabel sehingga hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu 6 minggu. Kartu ini mempunyai kelebihan dalam bidang kecepatan dan sebagai media penyimpanan data.

8.Atanasoff-Berry Computer

atanasoff berry computer

Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931.Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar,yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.

2. Sesudah Tahun 1940

Perkembangan komputer setelah tahun 1940 dibagi lagi menjadi 5 generasi.

1.Komputer Generasi Pertama ( 1940 – 1959 )

Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data. Ia menjadi cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer. Ia juga memerlukan banyak tenaga elektrik yang menyebabkan gangguan elektrik di kawasan sekitarnya. Komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat. Beberapa komputer generasi pertama :

index

a. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculatoreniac

Dirancang oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946. Komputer generasi ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal sebagai konsep penyimpanan data (stored program concept) yang dikemukakan oleh John Von Neuman

b. EDVAC Computer (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)

edvac

Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi di dalam perancangan komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) di mana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.

c. EDSAC COMPUTER ( Electonic Delay Storage Automatic Calculator )

edsac

EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.

d. UNIVAC 1 Computer

images

Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC1 (Universal Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.

2. Komputer Generasi Kedua ( 1959 – 1964 )

280px-ibm7030_p1040280-strecht

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas 3 lapis, yaitu: “basic”, “collector” dan “emmiter”. Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari 3 lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi. Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal. Sebagai komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya: tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. Dan dengan demikian, komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah.

Contoh komputer pada generasi kedua adalah:
a. DEC PDP-8

dep dpd 8

Pada masa ini mulai diperkenalkan minikomputer. Versinya yang pertama ialah DEC PDP 8 yang diciptakan pada tahun 1964 yang berguna untuk memproses  data-data. Minikomputer ini diproduksi oleh Digital Equipment Corporation (DEC).

b. IBM 1401

280px-brl61-ibm_1401

Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar di pasaran. Komputer IBM-7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor. Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan segala macam pekerjaan baik yang bersifat ilmiah ataupun komersial. Karena kecepatan dan kemampuan yang dimilikinya, menyebabkan IBM 7090 menjadi sangat popular. Komputer generasi kedua lainnya adalah: IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.

Perkembangan Komputer Generasi kedua ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
  • Kapasitas memori utama sudah lumayan besar
  • Sirkutinya adalah transistor.
  • Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama
  • Tidak membutuhkan terlalu banyak listrik
  • berorientasi pada bisnis dan teknik
  • Proses operasi sudah cepat

3.Komputer Generasi Ketiga ( 1964 – 1970 )

index1

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponenkomponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Contoh komputer generasi ketiga adalah:
a. Apple II
apple-2-steve-jobs-wozniak
Steve bersama Woz kembali mendesain sebuah komputer yang dikenal dengan nama Apple II. Kali ini komputer tersebut dirancang dan dibuat banyak dengan kemampuan yang lebih berkembang.
b.NEC PC
NEC_PC-8001A_System

NEC PC-8001A adalah sistem komputer pertama yang dipasarkan secara massal di Jepang pada tahun 1979. Dalam desain fisik itu hampir tiruan dari Model Radio Shack, TRS-80 1 diperkenalkan dua tahun sebelumnya, keduanya memiliki CPU sepenuhnya terkandung dalam keyboard, baik menggunakan mikroprosesor Z-80, dan keduanya menggunakan antarmuka ekspansi eksternal. NEC adalah mesin yang lebih kokoh dibangun dari Radio Shack, di mana TRS-80 penggunaan plastik, NEC menggunakan logam. NEC juga lebih cepat, dengan kecepatan 4 jam MHz penuh, dan memiliki grafis warna.

Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
– Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated Circuits).
– Peningkatan dari softwarenya.
– Pemrosesan lebh cepat.
– Kapasitas memori lebih besar.
– Penggunaan listrik lebih hemat.
– Bentuk fisik lebih kecil.
– Harga semakin murah.
4.Komputer Generasi Keempat ( 1979)
4
Komputer  generasi keempat adalah Personal Computer (PC) yang harganya relatif terjangkau karena ukurannya kecil. PC dapat digunakan di mana saja, mulai dari pabrik, kantor, rumah, bahkan di dalam kamar. Penggunaannya juga relatif lebih mudah dibandingkan generasi sebelumnya. Sejak muncul pertama kali tahun 1980, setiap tahun Personal Computer (PC) mengalami perkembangan dan perbaikan. Dalam jangka waktu kurang dari sepuluh tahun (sekitar tahun 1987) PC sudah menjadi luar biasa. Saat ini PC sudah 28 tahun, dan terus mengalami perkembangan yang sangat pesat. PC yang dibuat tahun 1980 merupakan cikal bakal dari semua teknologi personal komputer yang ada saat ini. Komputer ini didesain oleh IBM dengan menggunakan Proessor 8808 dan sistem operasi MS-DOS (produk dari Microsoft).
Keunggulan dari PC adalah memiliki standarisasi sehingga dapat dilakukan proses kloning. Dengan proses kloning, PC dapat diproduksi secara massal dengan biaya murah tanpa mengurangi kinerjanya. Keunggulan lainnya adalah kompatibel antara satu produk perusahaan dengan produk perusahaan pembuat PC yang lain. Sehingga pengguna komputer tidak perlu khawatir jika komputernya mengalami gangguan karena perangkat software atau harsware dapat dicari dan dapat diperbaiki dengan mudah.

Setiap PC mempunyai bagian penting meliputi CPU (Central Processing Unit), Monitor (layar), Keyboard (papan ketik), mouse, dan printer. CPU merupakan induk dari komputer di dalamnya terdapat motherboardmemory, hard disk, dan processor.


Selain itu komputer generasi keempat diantaranya adalah:
1.      IBM 370
2.      Apple II
3.      IBM PC/XT, IBM PC/AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486
4.      IBM Pentium II
Komputer generasi keempat mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
·   Menggunakan Large Scale Integration (LSI).
·   LSI Kemudian dikembangkan VLSI (Very Large Scale Integration) dan ULSI (Ultra Large Scale)
·    Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
·    Kecepatan Proses jauh lebih cepat dibanding komputer sebelumnya
·    Hemat Listrik
5. Komputer Generasi Kelima ( masa depan )
komputer masa depan       Berkat kepopulerannya di kalangan rumah tangga maupun dunia bisnis, pada sekitar tahun 1982 Komputer Pribadi (Personal Computer) yang oleh Majalah “Time” diberi gelar “Man of The Year”. Selanjutnya menjelang tahun 1990-an, kemampuan Komputer pribadi meningkat secara drastis hampir menyamai kemampuan komputer multiuser. Kini komputer tingkat tinggi (higher-end computer) lebih sering membedakannya dari komputer pribadi dari segi kestabilan serta kemampuan multitasking yang lebih baik, daripada hanya bergantung semata-mata pada kemampuan CPU.
         Rencana masa depan komputer generasi ke lima adalah komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence (AI). Sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan manusia.
Ciri ciri komputer generasi kelima adalh sebagai berikut :
  • Komputer generasi ini masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum banyak. Pengembangan komputer genarasi ini dipelopori oleh negara Jepang
  • Komponen elektronikanya menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI
  • Program dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan LISP (List Processor)
  • Komputer generasi kelima difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence / Kecerdasan Buatan), yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia.
  • Sifat-sifatnya:
    • Dapat membantu menyusun program untuk dirinya sendiri
    • Dapat menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lain
    • Dapat membuat pertimbangan-pertimbangan logis
    • Dapat mendengar kalimat perintah yang diucapkan serta melaksanakannya
    • Dapat memilih setumpuk fakta serta menggunakan fakta yang diperlukan
    • Dapat mengolah gambar-gambar dan grafik dengan cara yang sama dengan mengolah kata, misalnya dapat melihat serta mengerti sebuah foto.
            Dua tanda tanda akan munculnya inovasi komputer generasi kelima adalah  komputer paralel yang berarti memungkinkan banyak CPU bekerja sama membentuk suatu jaringan yang efisien. Selin itu ditemukannya superkonduktor yang memungkinkan aliran listrik mengalir tanpa hambatan sedikitpun sehingga dapat meningkatkan kecepatan informasi yang di dapat. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikan keberadaan komputer generasi kelima ini.
Sitasi :

Mrewaja, 2013, Perkembangan Komputer Generasi ke Generasi. https://mrewaja.wordpress.com/2013/09/18/contoh-komputer-dari-generasi-pertama-sampai-generasi-ke-lima/ . Diakses pada tanggal 11 Agustus 2016.

VanJava, Bayu, 2012, Sejarah Generasi Komputer 1-5. http://bayuvanjava037.blogspot.co.id/. Diakses pada tanggal 11 Agustus 2016.

Eka, Rina, 2012, Sejarah Perkembangan Komputer. https://rneka.wordpress.com/2012/11/29/sejarah-perkembangan-komputer/. Diakses pada tanggal 11 Agustus 2016.

Wikipedia, 2016, Sejarah Komputer. https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer. Diakses pada tanggal 11 Agustus 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published.